05 Oktober 2006

Mencicipi Mini Opera, Lumayan Buat Cek Email

Sebenarnya ini bukanlah hal yang baru dan mungkin basbang untuk di bahas tetapi karena unsur suka dan aku baru merasakannya akhirnya aku pengen juga menulis tentang mini Opera ini. He-he.

Mini Opera adalah browser buatan Opera yang bisa digunakan di Ponsel anda dan aplikasi ini merupakan aplikasi yang di bangun dengan Java. Untuk mencobanya anda bisa mendapatkan langsung di sini http://www.opera.com/products/mobile/operamini/phones/ di halaman tersebut anda akan di hadapkan pada pilihan Ponsel apa yang anda gunakan, disini sudah banyak merek ponsel dan berbagai tipe yang di sediakan. Setelah proses tersebut maka ada dua file yang harus anda download disitu yaitu dengan ektensi *.jar dan *.jad, tetapi untuk ponsel buatan SonyErricson (karena aku juga pakai ponsel ini, dan jangan dikira ini promosi loh) cukup dengan file *.jar aja karena ponsel ini memiliki kemampuan Quick Share.

Langkah selanjutnya adalah menginstal file yang anda download tadi ke ponsel, sekali lagi untuk ponsel Sony Erricson prosesnya ga ribet, sekali file itu ada di ponsel langsung bisa di pakai dan anda coba. Jalankan borwser mini opera di ponsel anda dengan catatan nomor anda sudah bisa digunakan untuk GPRS karena itu syarat utama untuk bisa browsing internet dengan ponsel anda. Setelah Mini Opera dijalankan disitu terdapat menu pilihan antara lain:
1. Enter Adress

2. Bookmarks
3. Tool

- History

- Setting

- Help

4. Exit

Dan di mini opera ini sudah didukung oleh Google si pencari , Wikipedia dan juga BBC News. Dan untuk keperluan berselancar cukup mudah seperti anda menggunakan browser Opera yang ada di PC anda. Untuk menghemat pemakaian pulsa, saya sarankan untuk melakukan setting dulu pada Mini Opera yaitu dengan cara clik menu, setting. Setelah masuk ke menu setting ada beberapa pilihan yang bisa anda lakukan yaitu diantaranya change skin, load image, higher image quality, jump to text, font Size dan masih banyak lagi. Agar browser mini opera berjalan cepat maka sebaiknya anda menghilankan tanda centang pada opsi load image, higher image quality, dan ubah Font Size menjadi Small, dengan demikian browser anda menjadi lebih cepat dan juga irit dalam pemakaian pulsa, karena dengan semakin kecil file yang di Load maka biaya untuk akses GPRS semakin sedikit pula. Contohnya jika anda memakai Operator Telkomsel maka biaya akses per Kb nya adalah sebesar Rp.12,- nah jika file gambar tidak di Load maka semakin kecil pula biaya untuk akses GPRS yang anda butuhkan. Untuk keperluan cek email pakai yahoo biasanya cukup membutuhkan biaya sekitar Rp.600 jika settingannya belum di ubah dan setelah di ubah bisa kurang sekitar Rp. 400,- cukup buat kirim email balasan.

Jikalau ada pertanyaan dan mungkin posting kali ini membingungkan anda bisa langsung contact saya disini.

0 comments:

 
;